Coral Stone Sebagai Pemanis Interior dan Eksterior

28 11 2009

Sebagai ornamen, keindahan batu alam memang tak bisa dihidari. Karenanya banyak orang memanfaatkan batu alam untuk memperindah penampilan interior maupun ekseterior sebuah bangunan. Batu koral (coral stone) merupakan jenis batu alam yang banyak digunakan. Keunikan batu alam terletak pada teksturnya yang dekoratif. Selain bernilai estetika, batu jenis ini dapat menjadi sarana pijat refleksi yang diyakini bisa melancarkan sirkulasi darah.

Bentuk, ukuran dan warna batu koral hias sangat beragam yang sama menariknya jika digunakan sebagai elemen penghias rumah. Beberapa namanya diambil dari nama daerah seperti koral Lampung, koral Ambon, Bengkulu, Pelabuhan Ratu hingga koral Flores. Harganya pun bervariasi sesuai dengan ukuran dan halus tidaknya permukaan batu. Di pasaran, batu Lampung super ternyata paling mahal harganya. Selain digunakan di taman rumah, batu koral dapat digunakan sebagai lantai carport, teras, bahkan dinding rumah.

2307_cp_bt-koral2.jpgJika anda yang menginginkan taman yang lebih indah, batu koral bisa menjadi pilihan. Perhatikan penempatannya, karena batu koral juga berfungsi sebagai sumber resapan air. Letakkan batu koral di bawah teritisan atap agar air tidak menyiprat ke tembok di sekitarnya.

Banyak kalangan yang menggunakan batu koral hias sebagai pemanis interior maupun eksterior. Untuk eksterior, biasanya batu koral digunakan sebagai penghias taman kering. Sementara untuk interior, batu koral bisa digunakan sebagai aksen atau pembagi ruang yang diletakkan di lubang tanpa keramik. Biasanya, batu koral dipakai di taman bergaya Jepang yang bersifat natural yang memiliki tiga unsur utama yaitu air, batu dan pohon.

2307_cp_bt-koral3.jpgAgar selaras dengan gaya taman yang digunakan, maka di dalam menata batu koral perlu memerhatikan keharmonisan dan gradasi di antara elemen pembentuk areal itu. Batu koral dapat disusun sedemikian rupa agar taman anda terlihat lebih menarik.

Anda juga bisa berkreativitas menata taman dengan memadukan berbagai tanaman secara berkelompok sesuai jenis dan warna, membuat kolam ikan dari gentong atau gerabah serta air mancur siap pajang dan ornamen taman lainnya. Permainan lampu sorot juga dapat melengkapi keindahan taman dengan efek dramatis, romantis atau hening dalam hamparan batu koral.

Perhitungkan juga batu koral yang dipasang di bagian eksterior. Intensitas terpaan matahari dan hujan mengakibatkan batu koral akan tampak kusam bahkan berlumut. Cara mengatasinya mudah, cukup dengan melapisi permukaan batu alam dengan stonecoating. Cairan ini bakal melindungi batu dari serangan jamur, lumut, air dan sinar matahari. Setidaknya tekstur dan warna batu tetap tampak indah dan menawan sebagaimana aslinya.

So, anda jadi punya kegiatan di akhir minggu ini dengan menambah kreasi batu koral di taman anda…


Aksi

Information

2 responses

20 01 2010
SAUT BOANGMANALU

TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

3 02 2010
Ryan

SAMA SAMA. SEMOGA BLOG INI SELALU BERMANFAAT…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: