Batu, Penyeimbang ‘Softscape’ dan ‘Hardscape’

23 07 2012

Unsur batu, selain mempercantik tampilan hunian juga dapat menyeimbangkan elemen softscape dan hardscape. Meskipun terlihat keras dan tak menarik, banyak desainer tetap menggunakan bebatuan sebagai hiasan untuk taman atau kolam.

Karena keelokannya, batu alam menjadi bahan favorit untuk mendesain taman. Tampilan natural serta teksturnya menjadikan batu alam sebagai salah satu bahan dan hiasan dinding atau tembok kolam.

Namun, karena jenis bebatuan di Indonesia begitu banyak, ada baiknya sebelum mengaplikasikan bebatuan dalam taman dan kolam pada hunian Anda, kenali dulu beberapa jenis bebatuan tersebut. Pemilihan ini tentu untuk menyesuaikan bentuk kolam dan batuannya agar elok dipandang.

Batu Andesit

Sifat batu ini padat dan tahan terhadap cuaca, serta lumut. Batu ini cocok digunakan untuk kolam dan taman.

Batu Templek

Batu templek akan tampak indah disusun dengan random untuk mempercantik kolom dan dinding.

Batu Palimanan

Warna didominasi nuansa krem dengan corak batik berwarna coklat, dan sifatnya yang empuk menjadi keistimewaan batu ini. Palimanan juga dapat beradaptasi dengan elemen interior dan eksterior karena cocok pada permukaan atau dinding kolam sebagai pilar.

Batu Candi

Kerap digunakan untuk ornamen berupa candi, stupa, dan patung, batuan ini sangat memberikan kesan alami. Walaupun mudah terserang lumut, batu ini sering digunakan sebagai bahan dari elemen eksterior untuk taman dan kolam.

Batu Paras Jogja

Selain untuk bangunan, batu putih berparas cantik dan alami ini banyak digunakan untuk mempercantik tampilan kolam. Sifatnya yang empuk menjadikannya favorit para pematung atau pemahat batu untuk menjadikannya sebagai elemen eksterior. Ada baiknya, Anda menambahkan lapisan coating pada permukaannya jika ingin menggunakan batu ini.

Batu Hijau Sukabumi

Batu ni diaplikasikan sebagai lapisan dari kolam renang. Warna hijaunya sangat sejuk dipandang mata dipadu dengan air yang memenuhinya. Anda bisa menggunakannya pada pagar, dinding, taman, pilar, dan lain-lain.

Batu Marmer Merah (Pacitaroso)

Warna cerahnya membuat batu marmer ini favorit di masyarakat. Batu ini pun sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan untuk mempercantik bangunan kolam. Jenis batu marmer merah masih digunakan sebagai bahan elemen interior dan eksterior.

Batu Marmer Ujung Pandang

Batu yang berasal dari Makassar ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan main floor atau lantai utama. Warna kremnya sangat serasi dengar warna furnitur di sekitarnya. Kualitasnya tidak kalah dengan jenis batu marmer impor.

Batu Koral Sikat

Batu berbentuk kecil bulat ini memiliki banyak warna corak. Harga yang ekonomis cocok digunakan untuk mempercantik teras, kolam, dan tampilan taman.

Nah, siap memilih batu untuk mempercantik hunian Anda?


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: