Merawat Batu Alam Penghias Dinding dan Pagar Minimalis

23 10 2012

Batu alam yang perlu dirawatBatu alam akan terbebas dari lumut bila permukaannya diberi lapisan cat khusus untuk batu alam.

Sekalipun ada juga yang menyukai batu yang ditumbuhi lumut, sebagian besar orang tidak menginginkannya. Tapi permukaan batu alam yang porous sangat berpotensi ditumbuhi lumut. Bagaimana mencegahnya?

Menurut Aceng Muhaemin dari PT Propan Raya, lumut dapat tumbuh subur di permukaan yang lembab. Karena itu untuk mencegah tumbuhnya lumut di atas permukaannya, kita harus menjaga agar permukaan batu tetap kering. Bila permukaan batu kering, meski lingkungannya lembab, lumut tidak bisa tumbuh di atas batu tersebut.

Salah satu cara agar permukaan batu alam tetap kering adalah dengan memberi lapisan/coating khusus untuk batu alam. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi dan sekaligus mempercantik tampilan batu.

Dua Jenis Cat

Pada dasarnya ada dua jenis cat untuk batu alam. Pertama adalah cat yang sifatnya bening (clear coating). Cat ini mirip dengan vernis tetapi diformulasikan khusus untuk batu alam. Bila cat ini diaplikasikan akan membentuk lapisan film di atas permukaan batu, yang akan membuat batu terlihat seolah-olah basah.

Jenis cat kedua adalah cat yang tidak membentuk lapisan film di atas permukaan batu atau disebut dengan cat penetrating finish. Batu yang diberi pelapis ini akan tetap tampak alami dan tidak terlihat kalau sudah diberi lapisan. Cat ini berfungsi juga sebagai water repellent sehingga air dengan mudah tergelincir di atas permukaan lapisan cat seperti air jatuh di atas daun talas.

Mana yang sebaiknya Anda gunakan, tergantung keinginan Anda sendiri. Apakah Anda menginginkan tampilan batu alam yang tetap alami atau terlihat lebih mengkilap. Yang penting, semua jenis batu alam bisa dilapisi kedua jenis cat ini.

Karena sifatnya melindungi, maka cat khusus batu alam tidak akan merusak struktur permukaan batu, kecuali mengubah sedikit warna batu menjadi sedikit lebih gelap/tua. Tapi ini tidaklah mengganggu tampilan batu.

Bersihkan Permukaannya

Langkah yang paling penting sebelum memberi lapisan cat di atas permukaan batu alam adalah membersihkan permukaannya. Caranya adalah dengan menyikat lumut dan kotoran yang menempel di atas permukaan. Setelah itu, beri cairan pembunuh jamur atau lumut (fungicidal wash). Tunggu beberapa saat, kemudian permukaan siap untuk dilapisi cat. Minimal, beri cat sebanyak dua lapis untuk jenis clear coating. Sedangkan untuk jenis penetrating finish sangat tergantung dari porousitas batu alam tersebut.

Sebaiknya permukaan batu alam dicat ulang setelah 1 tahun. Kecuali untuk jenis cat penetrating finish yang perlu sering dilapis setiap 3 – 6 bulan sekali. Hal ini terutama untuk permukaan batu alam yang sering terkena tampias hujan.(Tabloidrumah)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: