Tak Biasa! Mendekorasi Rumah dengan Batu

21 03 2014

Menarik! Irwan mendekorasi rumah dengan batu sedimen dari berbagai ukuran yang ditata sedemikian rupa, memberikan kesan unik yang tak biasa. Simak ulasan lengkapnya dalam rangkaian “The Best Article of iDEA” HUT 10tahun berikut ini.

Jika Anda ingin mendekorasi rumah dengan batu ? Maka kediaman Irwan Prawiranata ini bisa menjadi referensi yang tepat. Kegemarannya pada batu membuat tampilan rumah ini dipenuhi dengan berbagai macam ornamen batu.

Belajar dari kebudayaan Jepang, Irwan menganggap bahwa batu merupakan lambang sosial. Di Jepang, banyak batu berarti terhormat.

Irwan Prawiranata, mengoleksi batu dengan mempertimbangkan jenis, ukuran, dan ruangan. Di atas tanah seluas 350m², selain mendekorasi rumah dengan batu , Irwan juga menggunakan material alam seperti bata dan kayu. Hampir semua sudut ruangan dikombinasi dengan material batu.

Selain berperan untuk mendinginkan ruangan, material batu juga berperan sebagai peredam suara. Itulah alasannya, mengapa rumah Irwan yang dekat dengan stadiun olahraga tidak terganggu. Penggunaan dinding batu mampu meredam gemuruh suara penonton.

Dinding rumah ini dibentuk dari bata ekspos yang disusun dengan tiga teknik pemasangan bata artistik: disusun silang menggunakan nat, disusun silang tanpa nat dan disusun rata tanpa nat, sehingga menghasilkan bentuk yang tidak monoton.

Pada kamar tidur utama, salah satu sisi dinding batu bata disusun silang dan warna bata diatur selang-seling antara warna cokelat tua dan cokelat muda.

Selain menggunakan batu bata, sebagian dinding juga dilapisi dengan kayu. Pada finishing Irwan menggunakan jenis kayu jati doreng dan kayu kepala. Kedua jenis kayu ini memiliki karakter serat yang cukup kuat dan menarik.

Irwan mengoleksi sebuah batu akik dengan diameter 70 cm yang ditempatkan di sudut ruang tamu. Agar terlihat lebih menarik, sudut ruangan didesain khusus. Di dekat batu akik yang mirip dengan ‘ati ayam’ tersebut ditempatkan batu – batu koleksi Irwan lainnya. Dibantu dengan lampu uplight , batu akik tersebut terkesan dramatis.

Selain mengoleksi batu, Irwan juga mengoleksi fosil kayu, fosil bambu, fosil lobster, fosil pohon pisang, fosil kerang, batu karang, marmer, dan giok. Salah satu fosil kayu koleksinya memiliki berat 1,3 ton dengan panjang lebih dari 2,5 meter yang ditempatkan di luar rumah.

Nah , inspirasi mendekorasi rumah dengan batu yang menarik bukan?

Foto : Dok.IDEA Richard/ Rohedi

Hunian: Irwan Prawiranata


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: