Rumah: Perwujudan Karakter Penghuninya

25 04 2014

Awalnya dahulu hunian didirikan untuk mewadahi kebutuhan berlindung dari serangan binatang, atau cuaca yang mengancam diri. Saat itu, rumah adalah bagian dari kebutuhan primer, dan menjadi sebuah kebanggaan, bahkan status sosial saat kita memilikinya.

Kini rumah tak hanya mewadahi aktivitas, tapi karakter rumah juga mencerminkan karakter kita. Karakter tercipta dari perilaku yang dilakukan secara kontinyu dan sadar. Perilaku tercipta dari lingkungan yang memberikan masalah untuk diselesaikan. Lingkungan yang baik, mempengaruhi perilaku yang baik. Lingkungan yang buruk atau tidak sesuai dengan kebutuhan, memberikan pengaruh buruk pada diri, minimal pada mood kita.

Ruang-ruang di rumah tak lagi tersusun berdasarkan kebutuhan yang harus diwadahi, tapi juga rasa dan atmosfer yang kita inginkan untuk mencapai kenyamanan. Ruang-ruang tak lagi berbentuk seperti pakem-pakem tradisional –dimana ruang harus mengikuti pola tertentu–, karakter rumah kini menjadi sebuah bentuk pengekspresian diri. Tak hanya menunjukkan jati diri, tapi juga visi dan misi kita sebagai individu.

Kali ini, rumah-rumah adalah bagian dari karakter diri. Karakter yang tercermin dari ekspresi dan ciri khas perilaku individu adalah sebuah hal penting yang mempengaruhi bentuk rumah. Individu yang tercermin dalam olahan rumah yang unik dan ekspresif, bahkan individu yang sangat menghargai kebersihan, dan menghargai keberadaan alam sebagai intisari dari inspirasi mereka. Keindahan yang terlihat di mata, berawal dari keindahan yang terasa di hati.

Selamat memiliki rumah yang nyaman sepenuh hati!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: