Membuat Pijakan di Atas Rumput

30 04 2014

Rumput hijau yang cantik jadi rusak karena terinjak-injak. Menyiasatinya, buat pijakan di atas rumput agar rumput selalu cantik.

Taman berumput memang indah dipandang. Sayang, kerap kali rumput jadi rusak akibat terinjak-injak orang yang lalu lalang. Untuk mengatasinya cobalah membuat pijakan di atas rumput . Anda bisa menggunakan steping stone sebagai sarananya. Steping banyak tersedia di toko-toko perlengkapan taman dan batu. Tak hanya terbuat dari batu alam seperti andesit atau batu candi, yang terbuat dari beton cetak pun tersedia.

Bentuk dan ukuran steping cukup beragam, mulai segi empat, segi lima, dan persegi panjang, sehingga banyak pula pilihan Anda untuk membuat alur jalan sesuai dengan keinginan. Berikut ini 6 langkah membuat pijakan di atas rumput .

1. Ukur luas taman dan buat denahnya. Selanjutnya buat desain alur pijakannya lengkap dengan jumlah pijakannya.

2. Lubangi area yang akan ditutup dengan pijakan, sesuai ukuran pijakannya. Kedalaman lubang harus sesuai dengan jenis rumput yang akan dipasang. Jika jenis rumputnya gajah mini, swiss atau manila, permukaan pijakan setelah ditanam harus lebih tinggi 1cm dari permukaan tanah. Jika jenis yang dipilih rumput gajah yang besar, posisi permukaan stepping setidaknya 2cm lebih tinggi dari atas permukaan tanah. Dengan demikian pijakan tidak akan terbenam atau terlalu menonjol dibandingkan tinggi rumputnya.

3. Tanam pijakan-pijakan itu pada lubang-lubang yang sudah disiapkan.

4. Tanah di sekitar pijakan digemburkan, campur dengan kompos perbandingan 2 m² luas area menggunakan 4 kg kompos. Siram dengan air hingga lembab dan diamkan tanah selama satu hari

5. Pasang rumput dengan jarak antar-rumput sekitar 4cm–5cm, supaya rumput dapat leluasa mengembangkan akarnya. Tekan-tekan permukaan rumput dengan papan sambil ditekan dan disiram air agar akar menyatu dengan tanah. Setelah proses ini selesai, bersihkan permukaan steping dari tanah dan rumput.

6. Perawatan: Siram rumput 2 kali sehari: pagi dan sore. Berikan pupuk urea sekali dalam satu bulan.

Foto: Dok iDEA


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: