Kuning Sebagai Aksen pada Fasad Rumah Modern

13 05 2014

Fasad memegang peranan penting dalam menampilkan figur bangunan. Ia menjadi image yang dapat dipakai untuk meningkatkan nilai jual bangunan.

Fasad yang memiliki daya tarik bisa memancing kekaguman orang akan rumah kita. Maka tak heran jika para pengembang perumahan juga mempercantik tampilan fasad dengan bentuk yang menarik dan permainan warna yang menggoda. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk meningkatkan nilai jual rumah.

Ada banyak desain fasad dapat diterapkan pada bangunan rumah. Desain denah bangunan dapat menjadi salah satu penentu bentuk atap. Salah satu bentuk yang populer adalah pelana. Bentuk ini memiliki satu bidang sudut pertemuan antara dua atap miring. Atap pelana dapat dikombinasikan dengan berbagai bentuk atap lainnya atau diberi dekorasi yang cantik. Dekorasi itu bisa berupa garis-garis vertikal atau horizontal pada dinding, permainan material ekspos, bentuk bukaan, kolom, dan kanopi, juga warna.

Contoh fasad yang menarik bisa dilihat pada rumah contoh di Perumahan Serpong Terrace, Tangerang. Fasad tipe Rosemary, salah satunya, memiliki bentuk atap kombinasi pelana dan sandar. Dindingnya dilabur putih dan abu-abu. Kusen jendela dan pintu pun putih. Daya tariknya adalah aksen warna ungu yang segar pada dinding bergaris-garis horizontal.

Warna pada fasad berupa warna aksen atau warna kontras. Aplikasinya hanya pada sebagian kecil dinding, tapi di sisi yang terlihat jelas. Beberapa pengembang juga menampilkan rumah dengan permainan lebih dari dua warna. Warna-warna itu dipadankan pada wajah fasad, sehingga tercipta tampilan yang semakin memikat.

Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: