Fungsi Teras dan Balkon bagi Masyarakat Urban

19 05 2014

Bagi masyarakat urban, fungsi teras dan balkon tidak lagi untuk sekedar bersantai. Banyak yang dapat mereka lakukan, mulai dari menyalurkan hobi berkebun, hingga menambah Jaccuzi dan kolam kecil!

Teras dan balkon biasanya digunakan untuk aktivitas yang sifatnya rekreasi seperti berolahraga, pesta kecil, atau sekedar bersantai sambil menyeruput teh di pagi hari. Ternyata, ada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan di teras dan balkon , seperti yang dilakukan banyak masyarakat urban saat ini.

Fungsi Teras

Teras adalah area datar pada rumah yang sedikit ditinggikan dari permukan tanah di sekelilingnya, dan terletak di bagian depan atau belakang rumah. Pada masa modern ini, fungsi teras semakin beragam. Bagi masyarakat urban yang tidak memiliki banyak waktu luang, menyalurkan hobi berkebun tidak harus di halaman luas yang cenderung menguras waktu dan tenaga. Mereka mengakalinya dengan menyulap teras menjadi ‘taman mini’ dengan menaruh berbagai tanaman dan bunga. Bahkan ada beberapa yang membangun Jacuzzi atau kolam kecil demi memaksimalkan fungsi bersantai di teras.

Fungsi Balkon

Balkon adalah bagian rumah yang cenderung menjorok keluar, dan sifatnya ‘menempel’ langsung dari dinding bangunan utama. Biasanya area balkon kecil, tidak lebih besar dari teras, dan dilengkapi dengan susuran tangga atau pegangan yang letaknya di bagian luar kamar.

Karena areanya yang kecil, biasanya tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan dibandingkan di teras. Namun jangan dulu memandang sebelah mata, karena adanya balkon memungkinkan Anda menghirup udara segar atau sekedar melihat pemandangan di luar kamar Anda. Kamar tanpa balkon biasanya akan terasa pengap dan seolah ruang gerak terbatas. Balkon tidak hanya memberikan Anda pemandangan yang menyegarkan mata, tetapi juga menyegarkan kondisi ruangan Anda.

Saat ini banyak juga orang yang memajang berbagai pot berisi tanaman dan bunga di balkon untuk menambah kesan asri. Bahkan ada juga yang menaruh tanaman berjalar di pegangan balkon demi menghasilkan kesan ‘hijau’ di apartemen mereka. Balkon yang langsung terhubung dengan dapur juga dapat digunakan untuk menaruh barang-barang yang jarang digunakan.

Sumber : http://www.homedit.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: