Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana di Rumah

28 05 2014

Anda ingin punya kolam ikan tapi bingung bagaimana membuatnya? Jangan khawatir, kami punya panduan cara membuat kolam ikan sederhana di halaman rumah Anda ! Yuk ikuti langkah-langkahnya.

Memiliki kolam ikan di rumah punya banyak nilai plus. Pertama, kolam ikan bisa menjadi sarana rekreasi saat Anda sedang butuh penyegaran. Dengan suara air yang menenangkan dan warna-warni ikan, dijamin saat melihatnya otak Anda kembali segar. Tapi mungkin beberapa dari Anda kebingungan bagaimana membangun kolam ikan karena harus diakui memang tidak terlalu mudah dan membutuhkan biaya.

Tenang iDEA-Lovers, kami punya panduan cara membuat kolam ikan sederhana di halaman rumah , dan tentunya tidak memakan banyak biaya. Yuk ikuti langkah-langkahnya!

1. Desain Kolam Ikan yang Minimalis.

Bentuk kolam paling mudah dan sederhana yang bisa Anda buat adalah persegi. Selain itu garis dan sudut persegi juga mempertegas kesan minimalis kolam tersebut. Agar tidak terihat monoton, tambahkan batu alam sebagai penghias.

2. Ukuran Kolam Ikan Minimalis

Sebelum menentukan ukuran kolam ikan yang Anda inginkan, Anda harus terlebih dahulu menyesuaikannya dengan luas rumah Anda. Jangan sampai ukuran kolam menyita terlalu banyak ahan sehingga pekarangan menjadi sempit dan membatasi ruang gerak Anda. Kuncinya, tata letak kolam ikan tidak boleh asal-asalan dan harus diperkirakan sebelum memutuskan membuatnya.

3. Bahan Kolam Ikan Minimalis

Bahan dasarnya tentu Anda akan menggunakan semen dan pasir. Jika Anda ingin bermain dengan bahan lain, untuk tahap penyelesaian bisa Anda tambahkan dengan material dekorasi seperti batu alam atau batu buatan. Ingat, agar tidak repot sebaiknya Anda tidak memilih material yang suit dibersihkan.

4. Perawatan Kolam Ikan Minimalis

Setelah jadi, bukan berarti tugas Anda selesai. Tentu Anda harus rajin membersihkannya agar terhindar dari lumut dan air yang keruh. Untuk itu Anda membutuhkan filter khusus kolam agar kebersihan kolam terjaga dalam waktu yang agak lama. Perhatikan ukuran filter supaya sesuai dengan ukuran kolam, jangan sampai kolam Anda cukup besar sementara filternya terlalu kecil. Untuk masalah lumut, hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyikatnya.

5. Tips Tambahan

Ikan yang paling cocok di air kolam adalah ikan koi, komet, mas koki, dan ikan hias. Sebaiknya jika kolam Anda kecil jangan menaruh terlalu banyak ikan karena akan memengaruhi tumbuh kembang ikan.

Sumber : http://ramsagiga.blogspot.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: