Pilah-Pilih Alat Berkebun yang Tepat

3 06 2014

Efektif atau tidaknya kegiatan berkebun bergantung pada pilihan alat berkebun yang tepat . Untuk urusan tanam-menanam dan mengolah tanah, ada baiknya Anda memperhatikan sekop atau garpu tanah yang sesuai. Berikut iDEA rangkumkan ragam jenis alat berkebun yang tepat untuk Anda.

Anda yang punya hobi berkebun tentu sudah terbiasa mengolah tanah sebelum menanam dan merawat pepohonan. Untuk kehidupan tanaman yang baik, tanah harus diolah dengan tepat. Dengan demikian Anda perlu memilih alat berkebun yang tepat dan efektif sesuai fungsinya.

Proses mengolah tanah terdiri dari membersihkan kotoran, sampah, dan batu-batu. Setelah itu, tanah digemburkan dan diberi pupuk. Agar pupuk tercampur rata, tanah harus diaduk-aduk.

Jenis tanaman juga mempengaruhi proses mengolah tanah. Untuk tanaman perdu, setelah proses yang telah dilakukan di atas, tanah dilubangi. Kemudian barulah Anda bisa menanam bibit tanaman perdu. Sementara untuk tanaman tinggi, sebelum diberi pupuk tanah mesti dilubangi dahulu. Setelah itu diberi pupuk, lalu diaduk. Bibit tanaman tinggi pun bisa langsung ditanam dalam lubang.

Nah, setelah tahu tahapan menanam, sekarang saatnya Anda menentukan pilihan alat mengolah tanah yang efektif untuk jenis tanaman milik Anda. Untuk mendapat alat yang pas, perhitungkan juga budget Anda.

Transplanter

Orang mengenalnya dengan sebutan sekop. Fungsinya mirip cangkul, untuk menebar pupuk, memindahkan bibit dari polybag ke tanah, dan menggali lubang tanam. Transplanter sesuai untuk tanaman perdu, baik yang ditanam dalam pot maupun tanah.

Weeder

Kalau permukaan tanah untuk menanam dikotori sisa-sisa akar tanaman, gunakanlah alat ini. Ujung runcing yang menyerupai huruf V ini mampu mencabut dan memotong sisa akar dalam tanah dengan mudah. Alat ini juga berfungsi melubangi tanah.

Cultivator

Berbentuk mirip garpu tanah, cultivator ini berfungsi membersihkan tanah dari kotoran dan kerikil, sekaligus menggemburkan tanah. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengaduk-aduk tanah agar pupuk tercampur rata.

Rake Bow

Alat ini sering disebut penggaruk tanah. Rake bow digunakan untuk meratakan permukaan tanah setelah proses menanam. Alat ini juga mampu “menyapu” rumput dan daun kering.

Cultivator Garden

Kalau yang ini cocok untuk lahan tanam yang luas. Tiga pasang roda bergerigi akan menggilas dan menggemburkan tanah. Pegangannya yang tinggi juga dapat diubah jadi pendek. Dengan pegangan pendek, Anda bisa memakai satu pasang roda bergerigi untuk menggarap area yang kecil.

Mulai sekarang, jangan pilih sembarang alat untuk kegiatan berkebun Anda. Karena dengan memilih alat berkebun yang tepat , tanaman pada kebun Anda akan hidup dengan lebih baik, kebun pun jadi lebih asri.

Foto: architectaria
Sumber : Majalah Idea


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: