Tanaman yang cocok untuk menghiasi Carport Anda

17 09 2014

Ingin membuat carport yang teduh? Berikut kami berikan pilihan tanaman yang bisa Anda coba serta cara merawatnya. Tanaman yang cocok bagi carport Anda adalah tanaman yang rimbun. Jumlah daun yang banyak akan melindungi kendaraan Anda dari terpaan langsung sinar matahari. Namun, hati-hati saat memilih tanaman. Bisa jadi Anda keliru saat membedakan tanaman rambat dengan tanaman panjat. Jenis merambat umumnya menempel pada tembok, sedangkan tanaman panjat akan tumbuh meninggi dan membelit. Tanaman panjat adalah pilihan yang lebih baik dalam hal ini.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mewujudkan carport yang teduh:

1.Pemilihan

Sebelum memilih jenis tanaman, hitung luas carport Anda. Pertimbangkan dalam benak Anda, apakah penambahan tanaman akan membuat carport Anda menjadi gelap? Jika jawabannya “ya”, lebih baik Anda pikirkan ulang rencana ini. Pikirkan pula jenis tanaman yang ingin Anda tanam, berbunga atau tidak.

2.Penanaman

Untuk memudahkan penanaman, lakukanlah langkah ini setelah struktur carport selesai dibuat. Penanaman yang dilakukan setelah struktur carport selesai akan memudahkan penentuan titik-titik tanam.

3.Pemupukan

Agar tanaman tumbuh subur dan rindang, Anda perlu melakukan pemupukan rutin. Pada penanaman awal, lapisi lubang dengan pupuk kandang. Setelah tiga bulan, lakukan pemupukan berikutnya dengan NPK. Lakukan pencangkulan ulang di sekitar akar jika terlihat tanda-tanda tanaman kurang subur.

4.Perawatan

Perawatan tanaman pada carport mencakup tiga hal, yakni pemangkasan, pemberantasan penyakit, dan pembentukan. Pemangkasan dapat Anda lakukan sebulan sekali untuk menciptakan atap carport yang sedap dipandang. Anda juga dapat melakukannya berbarengan dengan pembersihan atap carport. Selanjutnya, tentukanlah bentuk yang ingin Anda buat dengan tanaman tersebut, menjuntai atau menutupi atap. Bentuk menjuntai dapat diterapkan pada tanaman dengan ranting dan daun yang lunak. Sementara itu, jenis tanaman yang dapat menutupi atap sepenuhnya adalah alamanda, passiflora , dan bogenvil. Untuk pemberantasan penyakit, gunakanlah insektisida cair yang disemprotkan ke seluruh daun dan batang.

5.Pembelian

Anda bisa mendapatkan tanaman-tanaman yang cocok untuk carport di beberapa sentra tanaman hias di Jakarta. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi, antara lain sentra tanaman BSD, Pasar Bunga Rawa Belong, dan daerah Kali Malang, Jakarta Timur.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: