Carport Beratap Transparan

22 09 2014

Ada kekhawatiran saat membuat carport dengan atap kaca. Kuatkah? Tak perlu ragu, di sini kami paparkan rahasianya.Memasang atap pada carport memang dapat menimbulkan kebimbangan. Jika memakai atap, carport menjadi gelap. Namun jika tidak, kendaraan kesayangan akan terserang panas dan hujan. Satu-satunya solusi adalah dengan menggunakan kaca transparan sebagai atap carport. Carport tetap terang dan kendaraan pun terlindung dari cuaca yang mencekam.

Pertanyaan selanjutnya adalah: kuatkah struktur carport menahan beban kaca yang cukup berat? Sebenarnya, struktur carport beratap kaca dengan carport biasa tidak jauh berbeda. Struktur berdiri sendiri dengan dua hingga empat titik tumpu dapat Anda aplikasikan. Anda juga dapat menerapkan struktur menempel yang memanfaatkan konstruksi rumah atau kantilever. Gunakanlah material besi atau beton. Fondasi kolom dapat dibuat dengan ukuran 30 cm x 30 cm dengan kedalaman 60 cm yang diberi cor beton.

Bila Anda memutuskan untuk membangun struktur dengan satu titik tumpu saja, buat fondasi yang lebih besar. Hery Sulistyono, arsitek Adhi Graha Mandiri, menyarankan ukuran fondasi 60 cm x 90 cm dengan kedalaman 80—100 cm untuk struktur ini. Ia juga menyarankan untuk memperkuat antarkolom carport dengan diikat sloof dan balok.

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan kaca sebagai atap, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya sifat dasar kaca. Kaca akan memuai atau menyusut tergantung suhu. Oleh karena itu, jangan menjepit kaca langsung dengan rangka. Berilah sedikit ruang untuk muai susut dan lapisi dengan karet.

Anda pun perlu memerhatikan ketebalan kaca. Bila kaca yang Anda gunakan tipis, rusuk pada rangka penopang sebaiknya dibuat lebih banyak dan rapat. Berilah jarak 50—100 cm antarrusuk. Kaca dengan ketebalan 8 mm lebih baik digunakan untuk bentangan pendek. Sementara itu, gunakan kaca berketebalan 10—12 mm untuk bentangan panjang. Jenis kaca yang bisa Anda gunakan sebagai atap carport adalah sandblast, rayban,dan laminate.


sumber: dok. idea, made-in-china


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: