Tips Menentukan Penempatan Lampu di Kamar Mandi

7 03 2015

Menentukan-Penempatan-lampu-di-Kamar-Mandi

Cahaya di kamar mandi memegang peranan yang amat penting. Hal ini dikarenakan kamar mandi biasa tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pastikan kebutuhan cahaya di kamar mandi anda terpenuhi.

Di kamar mandi, general lighting  dibutuhkan untuk menerangi keseluruhan ruangan. General lighting  dapat dibuat menggunakan downlight fluorescent pada beberapa titik. Yang penting, lampu dapat menerangi ruang secara merata.

General lighting adalah pencahayaan standar untuk sebuah ruang, termasuk kamar mandi. Jenis penerangan ini cocok diterapkan jika pada kamar mandi tak ada aktvitas khusus, selain membersihkan diri. Namun, apabila kamar mandi memiliki fungsi lain misalnya ada tempat berendam, mandi shower dan berhias, maka titik lampu tambahan dibutuhkan.

Untuk memberikan penerangan saat berendam, Anda bisa meletakkan lampu di plafon yang tegak lurus dengan bagian tengah atau kaki bathtub . Lampu yang bisa digunakan adalah downlight fluorescent  atau downlight halogen . Anda bisa menggunakan dimmer agar anda bisa mengatur suasana dengan memainkan terang gelapnya ruang pada saat berendam.

Lampu untuk shower box  bisa anda letakkan tepat di atas shower . Anda bisa menggunakan lampu downlight fluorescent  atau downlight halogen . Lampu jenis halogen sebenarnya paling tepat di area bathtub dan shower box,  karena jenis lampu ini juga mengeluarkan panas. Panas yang dikeluarkan lampu bisa membantu proses pengeringan di area shower dan bathtub yang cenderung basah.

Lampu di area berhias bisa diletakkan menempel di cermin dengan konsep pencahayaan indirect lighting . Pencahayaan indirect  ini akan mengurangi efek silau ketika berhias. Jenis lampu yang bisa digunakan adalah lampu TL atau LED strip.

Foto: laserbucks


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: