Tips Menghadirkan Kamar Tidur Sejuk Tanpa AC

12 03 2015

Kamar-Tidur-Sejuk-Tanpa-AC

Kamar tidur yang sejuk dan sehat adalah impian setiap orang. Hal ini tidak akan tercapai keduanya jika kita memasang AC dirumah yang notabene jika terpapar terlalu lama akan mengakibatkan penyakit bell’s palsy (penyakit saraf yang mengenai saraf fasialis (wajah), menyebabkan kelumpuhan otot-otot, red). Namun jika kita melihat letak geografis negara kita yang notabene beriklim tropis, susah untuk tidak memasang AC di kamar tidur. Padahal sebenarnya, kamar tidur yang sejuk bisa dihadirkan dirumah anda walaupun negara kita beriklim tropis.

Menurut Ir. Sukendro Sukendar, arsitek dari Nataneka Architects, ruangan yang terasa panas bisa disebabkan banyak hal. Kurangnya bukaan atau ventilasi adalah penyebab yang paling umum terjadi. Gara-gara jumlah ventilasi minim, maka tidak terjadi pertukaran udara dari dalam ke luar ruangan. Inilah penyebab suhu ruangan terasa panas.

Lalu, apakah sebuah jendela pada setiap ruangan sudah cukup? Ternyata belum. Masih menurut Sukendro, agar pertukaran udara dalam ruangan berjalan baik, perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation). Paling tidak, ada dua buah jendela atau bukaan yang saling berhadapan dalam satu ruangan.

Ventilasi silang memungkinkan udara mengalir dari dalam ke luar dan sebaliknya, tanpa harus mengendap terlebih duu, di dalam ruangan. Udara yang masuk dari satu jendela, akan langsung dialirkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya, dan berganti dengan udara baru, begitu seterusnya. Kalau sudah begini, tanpa AC pun ruangan tetap terasa sejuk.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran jendela atau bukaan, yang harus seimbang dengan ukuran ruangan. Ruangan berukuran besar pastinya membutuhkan bukaan yang besar pula. Tak hanya membuat aliran udara membaik, bukaan besar juga memasukkan banyak cahaya matahari. Ruangan pun menjadi sehat dan terang, tanpa perlu menyalakan lampu di siang hari.

Coba liat kamar tidur Anda. Sudah punya ventilasi silang belum ya ? Kalau sudah dan ruang nggak sejuk juga, baru pasanglah AC. hehehe😉

Semoga berguna. Mohon dikoreksi jika ada salah.🙂

Baca juga :


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: